Artikel Terbaru

Saturday, October 8, 2016

Catatan Pendidikan Kang Mul Konsep Pendidikan Pondok Pesantren dan Full Day School

Konsep Penddidikan Pondok Pesantren yang dulu dicibir,dicaci , dianggap tradisional dan ketinggalan jaman serta mengalami represi pada masa penjajahan Belanda dan kurang medapatkan perhatian pemerintah
Lambat laun di daur ulang menjadi konsep yang lebih mapan sangat up to date dengan peradaban post modern ini.
Apalagi sekarang Pondok Pesantren mampu adaptif dan akomodatif dengan perubahan dan perkembangan jaman dengan mengembangkan dan menggabungkan dengan pendikan umum
Ada beberapa jenis Pondok Pesantren,yaitu; (1)Pondok Pesantren Tradisional (2) Pondok Pesantren Modern dan (3) Pondok Pesantren Komprehensif (Ghazali:2002;14)
Pondok Pesantren mampu bertahan sampai sekarang ini berkat kemapanan dan pondasi yang dirancang untuk menghasilkan manusia yang berkarakter dengan nilai-nilai ajaran Islam .
Jika kita mau jujur,konsep pendididikan Pondok Pesantren jauh lebih unggul dan tak kalah dibandingkan konsep pendidikan manapun yang ada di dunia ini.
Podok Pesantren sebagai lembaga pendidkan yang lahir dari bumi Indonesia yang dirintis para Wali Sanga dididirikan jauh berorientasi ke masa depan ,
Namun sering kali atau sudah menjadi mentalitas masyarakat kita yang tak ramah dengan produk asal negara dan bangsa sendiri,
Gejala mentaliitas tak percaya diri terhadap karya anak bangsa sudah menjadi sikap mental yang mewabah disemua kalangan .
Sebagai contoh siapa sangka konsep manajemen modern adalah hasil duplikasi konsep manajemen yang telah dilakukan oleh Pangeran Sambernyawa asal Kasunanan Syrakarta.
Penemu teknologi telekomunikasi informasi berbasis 4 G dan 5 G ternyata Khoirul Anwar anak muda Jatim justru berjaya mengembangkan keilmuaanya di Jepang,tentu banyak faktor yang meltar belakanginya
Begitu pula kisah kejayaan Pepaya California ,pepaya hasil pengembangan pakar pertanian IPB,
Sebelum dinamakan Pepaya Califronia atau Calina pernah menggunakan nama bahasa Indoensia namun kurang laku dipasaran dan dimintai petani.
Finlandia negara kecil yang berjaya dalam sumbe daya manusianya menjadi negara paling sukses dalam pembangunan manusia (indeks human development) setelah sukses menerapkan konsep pendidikan full day scholl berhasil menjadi negara maju .
Sesungguhnya konsep Full Day School yang diterapkan Finlandia tak lebih sudah diterapkan Pondok Pesantren .
Lembaga pendidikan produk asli Indonesia yang telebih dahulu menerapkan "All Day School " dalam pendidikan agama Islam yang telah berusia 300=400 tahun.
Karangnagka 11 Agustus 2016

0 comments:

Post a Comment